Efek Samping Minyak Ikan

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari adalah cara yang sangat efektif dan efisien untuk mendapatkan cukup asam lemak Omega 3 dalam makanan kita untuk membuat perbedaan positif bagi kesehatan kita, tablet minyak ikan tetapi apa risiko potensial dari efek samping?

Untungnya, efek samping jarang terjadi dan ketika diambil dalam dosis yang benar kebanyakan orang mengalami sedikit jika ada efek samping sama sekali, tetapi seperti halnya suplemen apa pun, selalu ada kemungkinan mengalami beberapa gejala dan minyak ikan tidak berbeda. Jadi apa yang harus kita waspadai?

Bersendawa mencurigakan

Sejauh ini efek samping yang paling umum dilaporkan adalah bersendawa amis, napas amis, atau amis setelah makan di mulut. Ini benar-benar tidak berbahaya meskipun sedikit tidak menyenangkan tetapi sebagian besar dapat dihindari dengan menyimpan minyak ikan Anda di lemari es dan mengambil minyak ikan bersama makanan.

Gangguan perut

Beberapa orang telah mengalami efek samping gastrointestinal lainnya seperti diare, gangguan pencernaan, perut kembung, mulas, kram perut ringan dan mungkin sedikit perasaan mual tetapi sekali lagi, efek samping ini dapat dikurangi atau dihilangkan dengan mengambil minyak ikan bersama dengan makanan dan dengan mengambil dosis yang lebih rendah untuk memulai dan kemudian secara bertahap meningkatkannya selama beberapa minggu.

Peningkatan risiko perdarahan

Asam lemak dalam minyak ikan memiliki efek antikoagulan (pengencer darah) yang dalam banyak kasus adalah hal yang baik, namun, ketika minyak ikan diambil dalam dosis besar atau bersama dengan agen pengencer darah lainnya, ada peningkatan risiko perdarahan yang dapat berupa memar mudah atau mimisan atau waktu perdarahan lebih lama. Efek samping serius sangat jarang tetapi penting bahwa siapa pun yang sudah menggunakan Aspirin, Warfarin (juga dikenal dengan nama merek Coumadin, Jantoven, Marevan dan Waran) atau obat pengencer darah lainnya harus membahas risiko potensial dengan dokter mereka sebelum mengambil suplemen minyak ikan.

Keracunan merkuri

Kekhawatiran utama dengan memakan ikan segar adalah jumlah merkuri dan racun lain yang bisa dikandungnya. Sedihnya, lautan kita tercemar dan akibatnya juga ikan kita dan racun apa pun dalam ikan juga bisa masuk ke dalam suplemen minyak ikan kecuali minyak ikan telah menghilangkan kontaminan ini. Minyak ikan grade farmasi adalah istilah informal yang telah diterapkan pada minyak ikan yang telah melalui proses seperti distilasi molekuler dan sistem penyaringan canggih di mana merkuri dan unsur-unsur lain yang tidak diinginkan dalam minyak ikan dihilangkan dengan meninggalkan minyak ikan murni dan pekat sehingga risiko tidak relevan untuk minyak ikan kadar tinggi. Keuntungan utama dalam membeli minyak ikan berkualitas bagus atau farmasi adalah dapat terkonsentrasi mengandung asam lemak paling penting tingkat tinggi seperti asam Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA). Ini juga berarti Anda dapat mengambil satu atau dua kapsul sehari untuk mendapatkan efek yang sama dari mungkin lima atau enam kapsul minyak ikan kelas rendah atau standar.

Efek samping potensial lainnya

Jika suplemen minyak ikan mengandung vitamin A maka ada risiko toksisitas vitamin A yang meningkat. Minyak hati ikan kod misalnya, diproduksi dari hati ikan tempat vitamin A disimpan dan dapat mengandung vitamin A yang berpotensi tinggi sehingga sebaiknya dihindari.

Minyak ikan juga dapat menjadi tengik dengan sangat cepat dan karena Vitamin E merupakan antioksidan kuat, ia ditambahkan ke beberapa minyak ikan untuk membuatnya segar. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan kebutuhan antioksidan sehingga disarankan untuk mencari minyak ikan yang mengandung vitamin E.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan kadar low density lipoprotein (LDP) atau kolesterol jahat, tetapi ini tergantung pada dosisnya.

Ada beberapa indikasi bahwa minyak ikan dapat memiliki efek jangka pendek pada kadar glukosa darah pada orang dengan diabetes tipe 2 sehingga siapa pun yang menderita diabetes harus mencari nasihat dokter mereka sebelum mengambil suplemen minyak ikan.

Kesimpulan

Secara umum, pengobatan hnp tanpa operasi efek samping dari minyak ikan sangat sedikit dan jauh antara jika ada sama sekali dan efek samping yang serius sebenarnya sangat jarang terjadi sedangkan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi suplemen minyak ikan sangat besar.

Jika Anda menggunakan obat yang ada atau memiliki masalah kesehatan lainnya atau khawatir tentang kemungkinan efek samping, mengobrol dengan dokter Anda sebelum mengambil minyak ikan akan menenangkan pikiran Anda.

Akhirnya, jika Anda mengambil dosis yang tepat, menyimpan minyak ikan Anda di lemari es dan mengambil suplemen Anda saat makan maka kemungkinan satu-satunya efek yang akan Anda rasakan adalah rasa kesejahteraan yang lebih besar dan mungkin suasana hati yang lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *